google.com, pub-7106875586914477, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Sabtu, 10 Agustus 2013

Penjemuran Burung Kicauan

Penjemuran Burung Kicauan
Penjemuran Burung Kicauan

Mengapa burung kicauan harus dijemur? Mulai jam dan sampai jam berapa? Dan,Bagaimana caranya? Mungkin beberapa pertanyaan tersebut terjadi pada pecinta burung pemula. Seperti saya dulu, tapi sampai sekarang masih harus tetap belajar memahami kebiasaan burung.

Nah,jawaban pertanyaan pertama, sinar matahari merupakan hal terpenting dalam kehidupan burung karena sinar matahari dapat mengubah pro vitamin D yang ada didalam tubuh burung menjadi vitamin D. Kemudian sinar matahari dapat membunuh jamur dan mikroba yang menempel disangkar dan ditubuh burung. Kegunaan yang lain adalah dapat menghangatkan tubuh burung.

Namun untuk proses penjemuran burung pun tidak asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
  1. Sebaiknya burung dijemur sepagi mungkin sebelum fajar guna untuk pengembunan. Pengembunan dilakukan supaya burung mendapatkan kesegaran udara pagi.
  2. Lakukan menjemuran tidak melebihi jam 9 pagi, karena selepas waktu itu sudah terkontaminasi dengan sinar ultraviolet yang dapat membuat buru burung menjadi rusak.
  3. Hal terpenting yaitu, tidak menjemur dalam keadaan sangkar dikerodong. Karena dapat menyebabkan kekurangan oksigen dan panas berlebihan.

Dalam hal ini penjemuran dilakukan setelah burung dimandikan, bisa disemprot atau menggunakan karamba. Memandikan burung antara pukul 6-7 pagi bisa langsung dijemur, namun apabila sudah lebih jam 8 pagi sebaiknya jangan langsung dijemur untuk menghindari bulu tidak rapi atau keriting. Sebaiknya diangin-anginkan dulu supaya bulu dirapikan oleh burung sendiri, setelah rapi bisa dilakukan penjemuran.

Dalam hal lama penjemuran setiap jenis burung berbeda. Jenis burung anis,kacer,cucak,murai kebutuhan penjemuran relatif lebih sedikit dibanding burung pemakan biji-bijian kecuali burung pentet/cendet,kakatua dan jalak suren.     

0 komentar:

Posting Komentar