google.com, pub-7106875586914477, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Sabtu, 27 Juli 2013

Kiat-Kiat Dalam Penangkaran Murai Batu

Penangkaran murai
Penangkaran Murai

Membuat usaha penangkaran burung murai menjadi pilihan tepat dan menjadikan ladang emas. Disamping melestarikan satwa yang semakin jarang ditemui di hutan liar kita juga bisa meraup untung yang tidak sedikit. Tetapi usaha tersebut juga membutuhkan pengetahuan,ketlatenan dan keuletan supaya cepat mendapatkan hasil yang diinginkan. So pasti semua usaha memerlukan modal dasar tersebut :). Nah,berikut saya tampilkan kiat sukses dalam penangkaran burung murai,persiapan dan modal apa tho yang dibutuhkan? Perhatikan hal-hal berikut;
A. Kandang Penangkaran Murai

  • Lokasi kandang
Membuat kandang murai sebaiknya memganut aspek 3K (Keamanan,kenyamanan,dan ketenangan). Buatlah agar terhindar dari gangguan binatang lain, kauh dari kebisingan dan mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup.
  • Desain kandang
Siapkan kandang penangkaran terdiri dari 3 model. Pertama, ukuran kandang biasa guna untuk proses perjodohan. Kedua,Kandang dengan ukuran besar untuk proses perkawinan murai yang telah dijodohkan. Ketiga, kandang soliter dan di pasangi lampu 5 watt guna untuk merawat dan menghangatkan anakan murai. Dan perlu diperhatikan untuk kandang kedua sebaiknya suasananya dibuat seperti di alam bebas agar murai merasa betah dan mau melakukan perkawinan. 

B. Suplai Makanan Murai

Perlu diperhatikan supaya memberikan jenis pakan yang bervariasi pada Burung Murai ketika dalam penangkaran untuk menjaga keseimbangan nutrisinya, bisa dengan memberi pakan jangkrik, belalang, kroto, ulat pakan burung, ikan kecil yang disukai burung Murai. Sesekali juga bisa menggantinya dengan pakan olahan/ toko yang baik untuk kesehatan. Makanan tersebut bisa ditaruh dalam tempat makanan letakkan dalam kandang penangkaran. Kecuali pakan jenis serangga bisa dilepas secara liar dalam penangkaran biar burung Murai Batu itu sendiri yang melakukan pemangsaan. Nah yang terakhir jangan lupa untuk mengganti air minum dan air pemandian harus dilakukan secara rutin untuk menghindari burung Murai terserang penyakit. Salam Sukses :)

0 komentar:

Posting Komentar