google.com, pub-7106875586914477, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Minggu, 11 Agustus 2013

Beberapa Faktor Burung Tidak Mau Berkicau

Burung Tidak Mau Berkicau
Burung Berkicau
Sangat disayangkan ketika burung kesayangan tidak mau berkicau, lebih-lebih kalau belinya mahal. Namun hal ini sudah menjadi masalah klasik bagi penggemar burung. Jadi tidak perlu kawatir, kalau pengalaman saya dalam perawatannya tidak usah dirubah baik makanan,mandi/penyemprotan, penjemuran dan extrafooding.

Seperti yang saya amati faktor burung berhenti berkicau atau hanya bisa ngeriwik saja, diantaranya:
1. Burung Tangkapan
Burung hasil tangkapan dari hutan,burung hasil tangkapan perlu waktu lama untuk beradaptasi. Secara mental burung hasil tangkapan masih tertekan, jadi hanya bisa ngeriwik. Sebaiknya ditempatkan ditempat yang relatif ramai supaya bisa cepat beradaptasi. Biasanya setelah masa mabung/pepeg baru dia bisa beradaptasi dan mulai berkicau.

2. Memasuki masa mabug
Dalam masa ini sangatlah biasa ketika burung yang bisanya berkicau tiba-tiba diam atau hanya ngiwik. Coba mulai diamati dalam atau bawah sangkar apabila ada bulu halus berjatuhan pasti burung tersebut memasuki masa mabung.

3. Burung Kalah Secara Mental
Burung yang kalah setelah diadu biasanya hanya ngriwik dan tidak mau gacor seperti sebelum diadu. Maka solusinya, burung yang mentalnya down perlu penanganan khusus, yaitu dikarantina. Biasanya memerlukan waktu berbulan-bulan sampai selesai masa mabung.

0 komentar:

Posting Komentar